Jumat, 25 Maret 2011

Window-No Disk

Kejadiannya di kantor gue, pas lagi pagi-pagi, terus tiba-tiba one of it ("it" refer to computer. do you understand what im saying? jadi keingetan pelajaran basa inggris waktu jaman smp), nah, back again, tiba-tiba one of it kucluk-kucluk suddenly showing error yang I didnt know what error tuh? Ajaib! Tulisannya: no disk error exception processing message dengan address bla... bla.... (dalam heksa). Terus ya gue klik aja Cancel, soalnya kan gue nggak ngerti. Eeeh, abis gitu, tuh error nongol lagi. Hmmm, gpp lah. Gue klik Try Again. Dan.... errornya nongol lagi. Ya udah, pilihan terakhir. Klik Continue. And you know what? Errornya nongol lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!!!

Aji gile muke gile senam pagi banget dah nih komputer. Maunya apaan sih? Seumur2 gue belajar komputer dari jaman DOS, baru kali ini nemu error aneh begini. Akhirnya gue googling, enggak ding, gue facebookan dulu, biasa komentarin dulu status temen2. Habis gitu gue buka onemanga, baca one piece terbaru, lagi serus nih. Habis gitu gue ke belakang, pipis, habis itu ke dapur, cari gelas, terus bikin kopi panas. Habis gitu gue balik lagi ke meja, terus gue lupa deh mau ngapain. Wkwkwkwkw.

Halah! Ini artikel ga penting banget sih!

Pokoknya setelah googling seharian, gue baru tahu kalau error itu ada 3 penyebabnya. Bisa jadi, komputernya kena virus, bisa jenis saliti, worm, dkk. Atau bisa jadi, ada software autorun di flash disk, atau modem, atau apa pun yang pake USB port. Atau bisa jadi abis ngeinstall sebuah software yang butuh update online kayak anti virus dll.

Nah, terus gimana caranya supaya tuh error bisa hilang dan nongol2 lagi? Ada banyak cara dan langkah2nya di internet. Baca aja sendiri. wkwkwkwkw. Terus ngapain juga gue bikin artikel ginian? Bener2 ga penting. Boong deng. Ehm. Mode serius: On.

Untuk mengatasi error itu, musti dilihat dulu penyebabnya. Nggak bisa saklek. Emang kudu kitanya sendiri yang meneliti, menganalisi ala detektip conan menguak misteri pembunuhan, halah.

Kalau penyebabnya adalah virus, scan aja tuh compi pake anti virus. Kaspersky is recommended. Bit defender juga bagus. Dugaan awal, error itu muncul karena si kompi dah terserang virus SALITY dan variannya. Salah satu error nyebelin, yang dicap HIGH RISK oleh kaspersky karena karakteristiknya yang ngubah file.

Kalau penyebabnya adalah media usb, kayak flash disk atau modem, yaa tinggal cabut aja. Terus cek, errornya berhenti ga? Kalau berhenti emang bener tuh media penyimpanan yang jadi masalahnya. Terus gimana caranya kalau mau nyolokin tuh media tapi nggak error? Triknya satu. GANTI DRIVE LETTER. Misalnya, kalau tadi usb drive dicolok jadi E:> ganti aja, misalnya jadi R>: atau X:> terserahlah. Terus reboot kompina, dijamin tokcer. Mudah2an sih itu, juga. Terus gimana caranya ganti drive letter? Aduuuh, hari gini kagak ngerti cara ganti drive letter? Udah berapa abad pake Windows?? Kan gampang tuh! Tinggal buka setting, control pannel, administrative tool, disk management, klik kanan, change drive letter, klik OK! Selesai. Kagak ngerti? Sukuuuuuuur!!

Dan kalau penyebabnya adalah habis install software yang butuh update, kayaknya tuh software mesti diuninstall terus di install lagi. Atau matiin aja fitur updatenya, kayaknya cara itu juga bisa. Kalau masih error juga, ada cara terakhir. Format aja tuh harddisk sekalian, install lagi semuanya dari awal. Di jamin aman.

Sekian dan terima kasih. *Sllllrrpppppt* ngopi mantap...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar